SBY Dijawalkan Hadiri Groundbreaking Pembangunan Museum & Galeri Seni SBY-ANI Bertolak menuju Pacitan

SBY Dijawalkan Hadiri Groundbreaking Pembangunan Museum & Galeri Seni SBY-ANI Bertolak menuju Pacitan

Presiden Ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertolak menuju Pacitan, Kamis (20/2/2020). Kehadiran SBY di Jawa Timur dalam rangka acara peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan Museum & Galeri Seni SBY ANI yang akan dilaksanakan, Sabtu (22/2/2020). Selain SBY, Groundbreaking tersebut rencananya akan dihadiri oleh keluarga, mantan pejabat pemerintah, hingga menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

Juga, para tokoh masyarakat dari Pacitan serta para sahabat akan mengikuti jalannya prosesi. Museum dan Galeri Seni SBY ANI rencananya berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar.

Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi. Konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. "Sehingga, rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY ANI," kata Staf Pribadi SBY yang juga menjabat sebagai Direktur Museum dan Galeri Seni SBY ANI, Ossy Dermawan dikutip dari rilis yang diterima SURYA.co.id di Surabaya, Kamis (20/2/2020).

Selain melakukan Groundbreaking Museum & Galeri Seni, kunjungan SBY ke kota kelahirannya juga untuk menyaksikan “Invitasi Bola Voli Pacitan, SBY Cup 2020”. Rencananya, ajang ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 23 Februari 2020. Di dalam turnamen ini, klub bola voli binaan SBY, Lavani Cikeas, akan turut serta berkompetisi bersama 7 tim bola voli.

Di antaranya datang dari Pacitan, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Ponorogo, Karanganyar dan Bojonegoro. Kunjungan SBY ini akan menjadi yang pertama kali pulang ke kampung halamannya Pacitan pasca wafatnya istri tercinta Ani Yudhoyono pada bulan Juni 2019 silam. Rencananya, kunjungan SBY tersebut juga akan didampingi oleh Pengurus Demokrat Jawa Timur.

Plt Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio bersama para anggota Fraksi Demokrat di DPRD Jatim rencananya juga akan turut mengawal agenda ini. "Puji syukur, Museum dan Galeri SBY akan segera bangun. Semakin berkesan, karena acara groundbreaking dihadiri langsung oleh Bapak SBY," kata Plt Ketua Demokrat Jatim, Renville Antonio ketika dikonfirmasi terpisah. Dikutip dari sejumlah informasi, bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya.

Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan. Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )