Pelaku Beraksi Seorang Diri Pencuri Ban Mobil yang Buat Geger Warga Bekasi Ditangkap Polisi

Pelaku Beraksi Seorang Diri Pencuri Ban Mobil yang Buat Geger Warga Bekasi Ditangkap Polisi

Polisi menangkap pelaku pencurian ban mobil di Bekasi bernama Sopyan Surohman (25). Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan ban mobil hasil curian biasanya dijual pelaku di media sosial dan tukang rongsokan. "Jadi, hasil dari pencurian ban mobil ini pelaku menjual ke akun Facebook dan pedagang rongsokan keliling dengan harga berkisar Rp 100.000 an," ujar Hendra kepada awak media, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, aksi yang dilakukan Sopyan memiliki motif ekonomi. Sehingga, pelaku nekat mencuri ban mobil tersebut. Apalagi, pelaku juga seorang pengangguran yang baru saja di PHK dari tempat kerjanya di satu perusahaan di Jababeka Bekasi.

"Aksi ini dilakukan pelaku karena memang keahliannya, yang kedua dia menganggap ada kesempatan," jelas dia. Sejauh ini pelaku melakukan aksinya sendirian. Namun demikian polisi akan mengembangkan jika memang kedepannya terdapat jaringan yang lain.

Adapun, saat ini korban yang merasa dirugikan karena kehilangan ban mobilnya baru satu orang yang melapor. Sehingga, untuk korban lain diharapkan melapor guna mengungkap pelaku lainnya. Pelaku telah melakukan aksi pencurian ban mobil sebanyak empat kali.

Pertama tanggal 15 agustus 2019 di Citywalk pukul 05.30 WIB. Kedua dilakukan pada tanggal 19 desember 2019 pukul 13.00 WIB di tiga titik yakni di Living Plaza, di Jababeka, dan di Lippo Cikarang. Sementara, penangkapan pelaku sendiri dilakukan di rumahnya di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pukul 07.30 WIB.

Akibat aksi nekatnya, pelaku ini diancam dengan pasal 363 dengan kurungan waktu pidana maksimal selama 7 tahun penjara. Sebelumnya diberitakan bahwa baru baru ini, beredar viral video ban mobil dicuri saat ada di pakiran. Sebuah video yang memperlihatkan ban mobil hilang karena digondol oleh pencuri viral di media sosial Twitter pada Selasa (28/1/2020).

Aksi pencurian ban mobil di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial. Dalam rekaman video tersebut, terlihat keempat ban mobil Honda Brio warna putih D 1753 WY asal Bandung, Jawa Barat itu hilang. Aksi pencurian ban mobil tersebut terjadi di Pasir Gombong, Cikarang.

Sementara video lainnya, nampak sebuah mobil minibus jenis Toyota Rush dengan nomor polisi B 2185 KOB juga kehilangan ban di bagian kanan belakang. Peristiwa itu terjadi di area parkir Living Plaza Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini. Menanggapi hal itu, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut perihal beredarnya video tersebut.

"Kita akan selidiki, akan kita cek siapa pelaku yang meresahkan warga Kabupaten Bekasi ini," ujar Kombes Pol Hendra Gunawan kepada Wartakota, Rabu (29/1/2020). Pihaknya berjanji akan melakukan pengejaran terhadap pelaku, meskipun pihak korban belum melaporkan kejadian ini. "Kasus ini baru pertama kali terjadi di wilayah hukum kami, masih dalam penyelidikan. Pasti kami akan usut tuntas," pungkas dia.

Heboh aksi pencurian di wilayah Kabupaten Bekasi. Bukan spion mobil yang dicurinya, akan tetapi ban sekaligus velg mobil tersebut. Bahkan maling itu menukarkannya dengan hebel atau batu bata ringan untuk mengganjal mobil karena sudah tidak ada bannya.

Persitiwa pencurian ban sekaligus velg mobil beredar di media sosial, pertama peristiwa itu terjadi di RT 03 RW 01, Desa Pasirsari, Cikarang Selatan. Mobil Avanza hilang ban dan velg bagian depan dan belakang sisi kanan mobil. Kemudian ada di daerah Pasir Gombong, Cikarang Utara. Sebuah mobil Honda Brio berwarna putih D 1753 WY.

Empat ban berikut velgnya hilang. Ketiga sebuah mobil minibus jenis Toyota Rush B 2185 KOB hilang ban berikut velg di bagian kanan belakang. Lokasinya diduga di sebuah parkiran di pusat perbelanjaan di Cikarang.

Dugaan pencurian ban berikut velg mobil di Cikarang, Kabupaten Bekasi menyebar luas di media sosial. Belum diketahui pasti lokasi dan waktu kejadiannya. Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan perihal beredarnya video atau informasi terkait dugaan pencurian ban berikut velg mobil.

"Kita akan selidiki, akan kita cek," kata Hendra singkat saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )