Little India di Medan yang Masih Jaga Tradisi Leluhur Fakta Unik Kampung Madras

Little India di Medan yang Masih Jaga Tradisi Leluhur Fakta Unik Kampung Madras

Apa traveler tahu, di kotaMedan, ada sebuah pemukiman yang disebut dengan ' Little India'? Yap, inilah KampungMadras, kampung yang kental dengan suasana Bollywood diMedan. KampungMadrasini terletak di Jalan Zainul Arifin, kotaMedan.

Meski namanya Little India, kampung ini luasnya sekitar empat hektar. Kenapadisebut kampung India? Di kawasan ini, sebagian besar penduduknya adalah orang keturunan India.

Menariknya, segala tradisi khas Indiamasih dilakukan di kawasan Little India ini. Pada saat saat perayaan, suasana di kampung ini sangat meriah. Seperti misalnya saat hari besar Holy Festival atau perayaan Deepvali.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana di hari hari perayaan. Yang lebih asyik lagi, siapa saja yang datang pada perayaan Holy Festival bisa ikut saling melempar bubuk warna warni! Seru sekali, ya!

Meski sangat menjaga tradisi dari India, bukan berarti warga di sana tidak mencintai Indonesia. Penduduk di Kampung Madras juga menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari hari. Mereka juga ikut merayakan hari nasional di Indonesia.

Masyarakat Kampung Madras masih menjaga tradisi asli India. Ini karena kesadaranmereka akan budaya turun temurun dari leluhur mereka, yang juga tinggal di sana. Oya, di kampung ini juga ada sekolah yang terkenal.

Namanya Sekolah Khalsa, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Khalsa English School. Pada1950 an, sekolah ini merupakan satu satunya sekolah dengan pelajaran bahasa Inggris di kota Medan. Sehingga sekolah itu jadi terkenal di masyarakat luas.

Wilayah ini juga disebut sebagai tempat penduduk India terbesar di Pulau Sumatera. Di sana juga ada Kuil Sri Mariamman. Penduduk setempat biasa menggunakannyauntuk berdoa. CiriKuil ini adalah bangunannya yang punya banyak patung dewa.

Kuil ini juga dihiasi dengan gopuram, lo traveler. Gopuram ini merupakan menara bertingkat yang biasanya ada di kuil kuil Hindu di India Selatan. Wah menarik sekali, ya.

Nggak perlu jauh jauh ke luar negeri, kalau mau merasakan budaya India!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )