Ketua KPK Firli Bahuri Mengaku Tak Punya Jabatan Lagi di Polri

Ketua KPK Firli Bahuri Mengaku Tak Punya Jabatan Lagi di Polri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akui tidak memiliki jabatan lagi di Polri. Hal itu sekaligus menjawab desakan yang datang kepadanya. "Saya sudah tidak punya jabatan apapun di Polri, terakhir jabatan saya sebagai Kabaharkam Polri dan sudah di serahterimakan pada 19Desember 2019 kepada Irjen Pol Agus Andriyanto," kata Firli ketika dikonfirmasi, Rabu (25/12/2019). Sebelumnya, pihak Istana melalui Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono menyatakan Firli haruslah melepas jabatannya di Polri.

"Harus mundur atau non aktif dari jabatan lain," kata Dini, Selasa (24/12/2019). Menurut Dini, pimpinan KPK tidak boleh merangkap jabatan lain, telah tertuang dalam Undang Undang KPK. "Pasal 29 Undang Undang KPK, jelas menyatakan bahwa pimpinan KPK harus melepaskan semua jabatan selama menjabat sebagai pimpinan KPK," kata Dini.

Sebelum dilantik sebagai pimpinan KPK periode 2019 2023 pada Jumat (20/12/2019) pekan lalu, Firli dimutasi dari Kabaharkam untuk menduduki posisi Abalis Kebijakan Utama Badan Pemelihara Keamanan Polri. Kendati demikian, Firli mengaku dirinya akan fokus menjalankan tugas sebagai Ketua KPK jilid V. "Sekarang saya hanya fokus untuk menjalankan tugas sebagai komisioner KPK RI. Saya akan kerja," kata Firli.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )