Jadwal tanding wakil Indonesia di babak pertama Korea Open 2019 besok akan tersaji di bagian berita. Sebanyak empat wakil Indonesia akan melakoni laga babak 32 besar Korea Open 2019 hari pertama, Selasa (24/9/2019). Korea Open 2019 merupakan ajang bergengsi yang akan digelar pada 24 29 September 2019.

Turnamen Korea Open 2019 yang memiliki level Super 500 ini akan digelar di Incheon Airport Skydome, Incheon, Korea Selatan. Setidaknya tercatat 19 nama wakil Indonesia yang akan berlaga berdasarkan pengumuman dari akun Twitter resmi milik Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI),@INABadmintonpada Kamis, (15/8/2019). Sayangnya, hanya ada 14 nama yang akan bertanding lantaran Shesar Hiren Rhustavito,Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mundur dari ajang ini.

Pada Korea Open tahun lalu, Indonesia hanya mampu meloloskan dua wakil sampai ke babak semifinal. Kekuatan itu berasal dari sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie. Sayangnya, Tommy Sugiarto harus cukup puas dengan gelar runner up lantaran kalah melawan wakil kuat Taiwan, Chou Tien Chen.

Sementara, Jonatan Christie terhenti di babak semifinal melawan wakil Jepang, Kenta Nishimoto. Di sisi lain, Jepang mendominasi sektor ganda putri, yang menciptakan All Japanese Semifinal bahkan hingga All Japanese Final. Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang saat itu mengalahkan ganda putri nomor satu, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Untuk Korea Open tahun ini, Indonesia punya harapan lebih untuk mendominasi babak puncak, lantaran tiga sektor Merah Putih sedang berada di performa yang sangat apik. Tiga sektor tersebut yakni tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. BWF Tournament Software telah merilis hasil drawing turnamen Super 500 ini,Selasa (3/9/2019).

Sayangnya, lagi lagi Fitriani mendapatkan hasil drawing yang kurang menguntungkan. Setelah dua turnamen besar Indonesia Open 2019 dan Jepang Open 2019 di mana ia harus berhadapan dengan Chen Yu Fei, kini Fitriani harus berhadapan dengan pemain unggulan pertama asal Jepang, Akane Yamaguchi. Tontowi Ahmad/WinnyOktavina Kandow juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghadapi pasangan China,Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak pertama.

Sementara 14 wakil lainnya masih menghadapi drawing yang aman dan tidak begitu merugikan. Sayangnya, di sektor ganda putra bakal ada potensi perang saudara di babak perempat final pada pool atas. Karena jika mulus melewati babak satu dan dua, maka kemungkinan akan ada derbi antara Marcus/Kevin kontra Fajar/Rian.

Artinya, hanya akan ada satu wakil yang melaju ke babak semifinal. Pada Korea Open 2018, tunggal putra berhasil memperoleh medali perak dan perunggu. Tommy Sugiarto menjadi runner up pada ajang ini, sementara Jonatan Christie terhenti menjadi semifinalis.

Apakah Indonesia mampu menaiki podiumIncheon Airport Skydome pada pekan depan? 1. Lyanny Alessandra Mainaky vs Sim Yu Jin Korea Selatan 1. Tommy Sugiarto vs Lee Zii Jia Malaysia

2. Anthony Sinisuka Ginting (8) vs Kantaphon Wangcharoen Thailand 3. Jonatan Christie (4) vs Hans Kristian Solberg Vittinghus Denmark Usai terhenti di babak 16 besar China Open 2019 pekan lalu, Tommy Sugiarto bakal tampil di Korea Open 2019.

Di babak pertama, putra Icuk Sugiarto ini akan menghadapi wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Jika menang menghadapi rival negara serumpun ini, Tommy Sugiarto kemungkinan besar akan bertemu wakil Denmark, Vixtor Axelsen di babak kedua. Sementara, Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen di babak pertama Korea Open 2019.

Pertemuan ini akan menjadi laga ketujuh bagi keduanya dengan kekuatan yang imbang 3 3. Terakhir, mereka dipertemukan di Indonesia Open 2019, Ginting harus mengakui keunggulan Kantaphon dalam permainan rubber set, 20 22, 21 11, 19 21. Jonatan Christie, tunggal putra Indonesia yang berada di puncak ini akan melawan wakil Denmark, Hans Kristian Solberg Vittinghus.

Laga babak pertama di Korea Open 2019 ini akan menjadi pertemuan kedua. Pertemuan perdananya terjadi saat Indonesia Open 2019 yang dimenangkan Jonatan dengan dua game langsung, 22 20, 21 13. 1. Fitriani vs Akane Yamaguchi (1) Jepang

2. Gregoria Mariska Tunjung vs Soniia Cheah Malaysia Nasib apes lagi lagi didapatkan Fitriani setelah beberapa kali mendapatkan hasil undian yang tidak menguntungkan di turnamen turnamen besar sepanjang tahun ini. Sebut saja Indonesia Open dan Jepang Open tahun ini, baru babak pertama Fitriani harus berhadapan dengan Chen Yu Fei asal China.

Di China Open 2019 pun, Fitriani harus terhenti di babak pertama melawan Kim Ga Eun asal Korea Selatan dengan permainan rubber set. Kini, Fitriani harus berhadapan langsung dengan Akane Yamaguchi, pemain nomor satu dunia. Dalam catatan head to head, keduanya hanya pernah bertemu sekali pada Badminton Asia Team Championships 2018.

Pertemuan itu dimenangkan Yamaguchi dengan rubber set, 21 17, 13 21, 17 21. Sementara rekan seperjuangannya, Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi pemain asal Malaysia, Soniia Cheah. Akan cukup mudah bagi Gregoria untuk melakukan perlawanan dibanding Beiwen Zhang yang mengandaskan langkahnya di China Open 2019.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik Malaysia 2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6) vs QF 3 3. Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs QF 2

Setelah Ahsan/Hendra memutuskan mundur, tiga andalan ganda putra Indonesia bakal turun di ajang Super 500 ini. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menantang wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yi. Dalam catatan head to head keduanya pernah bertemu dua kali.

Terakhir kemenangan diraih Marcus/Kevin di perempat final Jepang Open 2019. Dua ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menanti pemenang di kualifikasi 3. Terakhir, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso juga akan dipermudah dengan menanti pemenang kualifikasi 2.

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (5) vs Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang Taiwan Ganda putri andalan putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menantang wakil Taiwan, Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang. Ini akan menjadi pertemuan ketiga usai pertemuan keduanya di German Open 2019.

Dari rekam jejaknya, Greysia/Apriyani memimpin kemenangan 2 0. 1. Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1) China 2. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (7) vs Marcus Ellis/Lauren Smith

3. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Q2 4. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Ko Sung Hyun/Eom Hye Won Korea Selatan Baru babak pertama, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow sudah harus berhadapan dengan unggulan pertama, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Kemudian, unggulan ketujuh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan menghadapi pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan melawan pasangan Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won. Terakhir, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja akan menantang pemenang kualifikasi 2.

1. Pukul 10.00 WIB Court : Lyanny Alessandra Mainaky vs Sim Yu Jin Korea Selatan 1. Pukul 14.00 WIB Court 1: Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1) China 2. Pukul 14.00 WIB Court : Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (7) vs Marcus Ellis/Lauren Smith Inggris

3. Pukul 15.30 WIB Court 2: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Ko Sung Hyun/Eom Hye Won Korea Selatan

Published by Dian Alfiatus

Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa. Bermimpilah seakan kau akan hidup selamanya. Hiduplah seakan kau akan mati hari ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *