Begini Curhat Mereka Bisnis 4 Artis Ini Terpaksa Tutup Sementara Akibat Wabah Virus Corona

Begini Curhat Mereka Bisnis 4 Artis Ini Terpaksa Tutup Sementara Akibat Wabah Virus Corona

Mewabahnya virus corona di Indonesia membawa sejumlah dampak. Beberapa bidang usaha terpaksa merugi lantaran tak ada pelanggan. Termasuk beberapa usaha para artis Tanah Air.

Terus bertambahnya pasien positif virus corona di Indonesia membuat pemerintah mengambil sejumlah tindakan. Salah satunya yakni menerapkan social distancing. Selain itu, beberapa kepala daerah juga menerapkan karantina wilayah.

Masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah selama pandemi corona. Para pemudik atau pendatang dari luar kota bahkan harus menjalani masa karantina selama 14 hari. Virus corona yang masih mewabah di Indonesia juga membawa dampak ekonomi bagi sejumlah pedagang yang tak mendapat pemasukan.

Termasuk para artis yang terpaksa menutup usaha mereka lantaran wabah Covid 19. Berikut beberapa artis yang terpaksa menutup usaha mereka karena dampak pandemi Covid 19. Penyanyi Ussy Sulistiawaty ikut merasakan imbas virus corona atau Covid 19.

Selain banyak pekerjaan yang ditunda, beberapa usahanya juga terpaksa ditutup sementara “Kalau restoran semenjak mal sepi, malnya ditutup juga. Semua (karyawan) jadi dirumahkan semua. Sekarang bukan jaga kesehatan kita doang, kalau misalnya kita menularkan itu nauzubillahiminzalik , amit amit kan kalau kita kena,” kata Ussy Sulistiawaty saat dihubungi, Kamis (2/4/2020).

“Kesusahan segala aspek, bisnis besar kecil, ini semuanya susah, mau gimana kita berusaha, bertahan aja,” sambungnya. Hanya berselang beberapa hari setelah pemerintah mengumumkan untuk melakukan work from home (WFH), Ussy buru buru menutup usahanya. Pembawa acara Deddy MahendraDestamengatakan, Natasha Rizky istrinya, baru membuka restoran.

Namun wabah Covid 19 membuat restoran yang dibuka sang istri ini ikut terdampak. "Caca juga kasihan nih, baru buka restoran dia. Enggak tutup, cuma ya sekarang jualannya kebanyakan delivery, karena orang pada takut mau keluar rumah," kata Desta dalam tayangan YouTube Najwa Shihab yang berjudul "#dirumahaja Ngobrol Bareng Vincent dan Desta | Catatan Najwa", Jumat (3/4/2020).

Kendati demikian, Desta mengatakan, sang istri berencana menutup sementara restorannya. "Tapi tetap ada saja sih (yang beli), cuma mau ditutup dulu kayaknya," ujar Desta. Hal yang sama juga dialami penyanyi Anang Hermansyah.

Gara gara itu bisnisnya terganggu dan ia terpaksa merumahkan para karyawannya. "Semua kami rumahkan dulu, cuma dengan sedikit kompensasi tentunya," kata Anang Hermansyah saat dihubungi awak media, Sabtu (4/4/2020). Setelah bertukar pikiran dengan Anang, para karyawan setuju hanya dibayar dua per tiga dari gaji mereka.

Sepertiga sisanya adalah bagian subsidi agar tidak gulung tikar. Jika dihitung hitung, Anang Hermansyah merumahkan hampir 200 karyawannya. Jumlah tersebut terdiri dari karyawan di bidang kosmetik, makanan, dan sebagainya.

Penyanyi dangdut Ainur Rokhimah yang dikenal sebagai Inul Daratista membuat keputusan bijak terhadap unit bisnisnya. Istri Adam Suseno ini menutup sebanyak 64 outlet karaokeInul Viztamiliknya di seluruh Indonesia. Penutupan ini sebagai respons atas arahan pemerintah sekaligus untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Info buat teman teman semua, kalau @inulviztaofficial sementara tutup dulu ya.. demi mendukung pemerintah, dalam mengurangi penyebaran Covid 19, " tulis Inul dalam keterangan unggahan akun Instagram nya seperti dikutip Kompas.com , Kamis (26/3/2020). Setidaknya, sebanyak 64 outlet karaoke Inul Vizta itu tersebar di beberapa provinsi. Di antaranya adalah DKI Jakarta, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, NTB, dan Papua.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )