Ajari Bilang ‘Tidak’ hingga Bijak Bersosial Media Tips Menjaga Anak Tetap Aman & Bebas dari Bahaya

Ajari Bilang ‘Tidak’ hingga Bijak Bersosial Media Tips Menjaga Anak Tetap Aman & Bebas dari Bahaya

Inilah cara menjaga anak agar terhindar dari bahaya yang mengancam nyawa. Dunia tempat umat manusia hidup ini bukanlah tempat yang selalu aman. Keselamatan anak adalah prioritas dan tanggung jawab utama dalam menjadi orang tua yang baik.

Beberapa kasus kejahatan yang tak terbayangkan menempatkan anak anak sebagai korban. Tidak hanya tindakan kriminal saja, bahaya yang mengintai anak bisa datang dalam wujud yang beraneka ragam. Ada hal hal yang mungkin luput dari perhatian dan tanpa disadari mendatangkan bahaya, terutama bagi anak.

Bahkan, di rumah sekalipun, bahaya terhadap anak tetap bisa mengintai kapan saja. Kelalaian orang tua dalam memperhatikan buah hatinya adalah salah satu penyebab kecelakaan kecelakaan yang mengorbankan anak anak. Tidak hanya ibu saja yang berperan menjaga anak, tapi peran ayah juga dibutuhkan.

Berikut ini tips menjaga anak agar tetap aman dan terhindar dari bahaya yang dilansir dari beberapa sumber. Banyak sekali modus penculikan yang mengintai anak anak, mulai dari iming iming jajan atau ajakan pergi bermain. Untuki mengantisipasi hal tersebut, orang tua mesti mengajarkan anak untuk menolak ajakan orang asing atau sering disebut dengan self protect behavior.

Kebiasaan menolak ajakan orang tak dikenal dengan halus ini sangat penting terlebih saat anak berada di luar pengawasan orang tua. Biasakan pada si kecil untuk mengatakan "tidak, terima kasih" kepada orang asing sejak dini. Perkembangan teknologi informasi tak jarang membuat para orang tua gandrung bermain media sosial.

Bijaklah dalam menggunakan media sosial, terlalu banyak mengunggah informasi mengenai diri, terutama anak, akan memperbesar kemungkinan datangnya bahaya. Jaga selalu privasi agar para pelaku kejahatan siber di luar sana tidak dengan mudah memperoleh informasi mengenai anak. Selain bahaya dari luar, bahaya yang menimpa anak terkadang juga terjadi di lingkungan sendiri, bahkan di dalam rumah.

Kelalaian orang tua adalah salah satu penyebab yang berperan besar dalam menyumbang risiko kecelakaan anak. Sementara kelalaian orang tua sering terjadi dikarenakan penggunaan gawai yang terlalu berlebihan. Saking asyiknya, si kecil malah lepas dari pengawasan, akibatnya pun bisa fatal.

Oleh karenanya, bijak dan batasilah penggunaan gawai saat sedang mengasuh anak. Sebagai ganti dari mengurangi penggunaan gawai, orang tua bisa lebih banyak berinteraksi dengan si buah hati. Intensitas komunikasi yang tinggi dengan anak selain bisa mengajarkan keterbukaan, pengawasan terhadapnya pun semakin mudah.

Dengan bercengkerama, orang tua juga bisa sekaligus menerapkan mana yang baik dan mana yang semestinya dihindari. Memilihkan mainan untuk anak juga merupakan cara yang baik untuk menjaga dan mengawasinya. Tentukan mana mainan yang baik dan sesuai dengan usianya, dan yang paling penting adalah keamanan mainannya.

Jangan asal asalan membelikan mainan yang padahal itu sangat berbahaya jika dimainkan oleh anak seusianya. Begitu pula dengan taman bermain, pantau selalu aktivitas si kecil. Jangan hanya duduk sambil menunggu ia bermain dan asyik dengan urusan sendiri.

Demikian 5 cara menjaga anak agar terhindar dari bahaya yang mengintai sewaktu waktu dan di mana pun. Jangankan bahaya dari luar, memalingkan pandangan dari anak selama satu menit saja sangat mungkin terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti pada video berikut. Oleh karena itu, hati hati dan waspada terhadap anak adalah kewajiban orang tua.

Semoga tips tips di atas bermanfaat.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )